Wednesday , June 3 2020

PEMILIHAN UMUM TAHUN 2019

0
HARI
0
JAM
0
MENIT
0
DETIK
KPU Kota Padang Panjang Hadiri Kegiatan Forum Koordinasi dan Diskusi Stabilitas Daerah pada rapat Forkopimda Kota Padang Panjang

KPU Kota Padang Panjang Hadiri Kegiatan Forum Koordinasi dan Diskusi Stabilitas Daerah pada rapat Forkopimda Kota Padang Panjang

kota-padangpanjang.kpu.go.id. Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padang Panjang Okta Novisyah, S.Sos.I menghadiri Kegiatan Forum Koordinasi dan Diskusi Stabilitas Daerah pada rapat Forkopimda Kota Padang Panjang, 20/03/2020. Pertemuan yang dilaksanakan di Rumah Makan Pak Datuak tersebut diinisiasi oleh BPBD Kesbangpol Kota Padang Panjang dengan tema Kesiapan Pemerintah Kota Padang Panjang dalam Menghadapi Pelaksanaan Ujian Nasional Tahun 2020, Pelaksanaan Pilgub Tahun 2020 serta kewasapadaan terhadap penyebaran Virus Corona (Covid 19) di Kota Padang Panjang.

Salah satu agenda penting yang dibahas dalam pertemuan tersebut adalah Pelaksanaan Pilgub Tahun 2020 yang tentunya merupakan tanggung jawab KPU Kota Padang Panjang sebagai lembaga penyelenggara pemilu di Kota Padang Panjang. Dalam kesempatan tersebut Ketua KPU Kota Padang Panjang menyampaikan tahapan pilgub 2020 sampai saat ini sudah sampai pada tahap rekruitmen badan adhoc yaitu PPK yang berjumlah 10 orang, 5 orang Kecamatan Padang Panjang Timur dan 5 orang Kecamatan Padang Panjang Barat yang sudah dilantik pada Sabtu, 29/02/2020 lalu serta PPS yang berjumah 48 orang, 24 orang Kecamatan Padang Panjang Timur dan 24 Orang Kecamatan Padang Panjang Barat yang akan dilantik pada Minggu, 22/03/2020 mendatang.

Ketua KPU Kota Padang Panjang turut mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Padang Panjang beserta jajaran yang telah membantu KPU dalam melengkapi penyelenggaran Pilgub di Kecamatan berupa Sekretariat PPK yang melibatkan ASN Kota Padang Panjang.

Terkait dengan pelantikan PPS mendatang, Ketua KPU Kota Padang Panjang menyampaikan kewaspadaan KPU terhadap maraknya penularan virus korona (Covid-19), dimana pelantikan yang nantinya akan dilaksanakan di Halaman Kantor KPU Kota Padang Panjang tersebut menghadirkan banyak orang yang tentunya rentan untuk terjadinya penularan. Oleh sebab itu maka KPU Kota Padang Panjang sudah berkoordinasi dengan Pemerintah Kota melalui Kesbangpol Kota Padang Panjang serta mengharapkan turut adanya antisipasi oleh Dinas Kesehatan Kota Padang Panjang dengan melakukan pengukuran suhu tubuh terhadap semua orang yang menghadiri pelantikan PPS pada 20/03/2020 mendatang.

Selain itu Ketua KPU Kota Padang Panjang juga menjabarkan tahapan verifikasi faktual yang akan diadakan dalam waktu dekat. Salah satunya tahapan coklit yang akan diadakan secara serentak se- Indonesia dengan menentukan tokoh-tokoh yang berpengaruh di Kota Padang Panjang diantaranya Walikota dan Wakil Walikota beserta jajaran serta Forkopimda Kota Padang Panjang. Tahapan coklit tersebut tentunya juga rentan terhadap penularan Virus Korona (Covid-19), oleh sebab itu maka KPU Pusat sudah mengeluarkan surat edaran mengenai SOP dan mekanisme pelaksanaan coklit di tengah maraknya isu penularan virus tersebut. Semoga isu penularan virus tersebut tidak mengganggu berjalannya tahapan penyelenggaraan Pilgub 2020 di Indonesia khususnya di Kota Padang Panjang.

Ketua KPU Kota Padang Panjang berharap adanya dukungan dari Pemerintah Kota serta seluruh pimpinan yang hadir dalam forum tersebut untuk turut menyukseskan tahapan Pilgub 2020 yang akan dilaksanakan pada Rabu, 23/09/2020 mendatang terkait dengan sosialisasi kepada masyarakat. Dukungan tersebut dapat berupa adanya himbauan dari masing-masing OPD di Kota Padang Panjang kepada masyarakat untuk berpartisipasi pada Pilgub 2020 melalui pemasangan tagline Pilgub 2020 di spanduk pada tiap-tiap kegiatan serta turut memberikan sosialisasi melalui media sosial, pengunguman, spanduk, baliho dan media informasi OPD lainnya.

Mengakhiri pembahasan Pilgub 2020, Ketua KPU Kota Padang Panjang berharap pelaksanaan Pilgub 2020 di Kota Padang Panjang dapat berjalan dengan baik, lancar dan sukses. Oleh sebab itu maka KPU mengharapkan pengamanan dari Polres dan TNI Kota Padang Panjang terhadap penyelenggaraan pemilihan.

KPU Kota Padang Panjang siap memberikan informasi apapun yang berkaitan dengan tahapan penyelenggaraan pemilu di Kota Padang Panjang sehubungan dengan keterbukaan informasi publik sebagai salah satu bentuk kewajiban KPU. KPU Kota Padang Panjang menerima segala masukan dari seluruh peserta forum demi kesuksesan Pilgub 2020 di Kota Padang Panjang.(rts)