Tuesday , November 24 2020

PEMILIHAN UMUM TAHUN 2019

0
HARI
0
JAM
0
MENIT
0
DETIK
Cek Progres Pembentukan KPPS, KPU Kota Padang Panjang Undang PPK dan PPS Hadiri Supervisi

Cek Progres Pembentukan KPPS, KPU Kota Padang Panjang Undang PPK dan PPS Hadiri Supervisi

Sehubungan dengan perpanjangan pendaftaran dan penelitian administrasi persyaratan calon anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat Tahun 2020, KPU Kota Padang Panjang adakan Supervisi Seleksi Pembentukan KPPS dengan mengundang Ketua dan satu orang anggota PPK Padang Panjang Barat dan Padang Panjang Timur serta Ketua PPS se Kota Padang Panjang, Jum’at (23/10/2020).
Supervisi yang dilaksanakan di halaman kantor KPU Kota Padang Panjang tersebut dimulai pukul 09.00 WIB dan dibuka secara langsung oleh Okta Novisyah selaku Ketua KPU Kota Padang Panjang. Dalam arahannya, Ketua KPU Kota Padang Panjang menyampaikan bahwa PPS harus bekerja lebih ekstra pada tahapan pembentukan KPPS seiring dengan adanya perpanjangan pendaftaran agar jumlah KPPS yang dibutuhkan dapat terpenuhi.
Penjelasan secara teknis dan lebih terperinci terkait dengan pembentukan KPPS disampaikan oleh Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Kota Padang Panjang, Winda Aprizona. Dalam hal ini, Winda Aprizona melakukan pengecekan progres perkembangan pembentukan KPPS pada masing-masing kelurahan secara satu persatu.
Ketua Divisi Teknis dan Penyelenggaran KPU Kota Padang Panjang, Harry Hazari menambahkan hal-hal yang terkait dengan lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS) serta hal-hal teknis pelaksanaan pada saat hari pemungutan suara yang dilaksanakan dengan mengikuti standar protokol kesehatan. Selain itu juga disampaikan bahwa terdapat hal yang berbeda pada proses perhitungan suara pemilihan tahun ini, dimana terdapat aplikasi Sirekap (Sistem Rekapitulasi) dengan memfoto formulir C Hasil dan kemudian hasil foto dikonversikan ke aplikasi.
Selanjutnya, Edwirta selaku Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Kota Padang Panjang menekankan kepada PPS agar jangan sampai terdapat pelanggaran hukum pada tahapan pembentukan KPPS, untuk itu maka PPS dituntut untuk lebih cermat dan teliti dalam melakukan wawancara dan pengecekan administrasi pendaftaran calon anggota KPPS agar tidak terdapat kekeliruan dalam menentukan calon anggota KPPS yang memenuhi dan yang tidak memenuhi syarat.
Terakhir, dalam kesempatan ini Ketua Divisi Perencanan Data dan Infomasi KPU Kota Padang Panjang, Mondra menyampaikan bahwa Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kota Padang Panjang akan segera diumumkan kepada masyarakat pasca telah ditetapkannya Daftar Pemilih Tetap (DPT) Provinsi Sumatera Barat pada 18 Oktober lalu. (Release KPUPP/Rahmah Tika Saufi)