Friday , September 18 2020

PEMILIHAN UMUM TAHUN 2019

0
HARI
0
JAM
0
MENIT
0
DETIK

SOP LAYANAN INFORMASI

Standar Operasional Prosedur (SOP)

LAYANAN PEJABAT PENGELOLA INFORMASI DAN PUBLIK (PPID)

Informasi merupakan kebutuhan pokok setiap orang. Karenanya, hak memperoleh informasi termasuk hak asasi manusia. Bahkan, keterbukaan informasi public merupakan salah satu cirri penting negara demokratis yang menjujung tinggi kadaulatan rakyat untuk mewujudkan penyelenggaraan Negara yang baik. Keterbukaan informasi public merupakan sarana mengoptimalkan pengawasan public terhadap penyelenggaraan Negara dan Badan Publik lainnya sebagaimana diamanatkan dalam Undangundang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Surat Edaran Komisi Pemilihan Umum Nomor : 44/KPU/I/2015 tertanggal 26 Januari 2015 Perihal Pengumuman Pelayanan Informasi pada KPU/KIP, KPU Provinsi/KIP Aceh dan KPU/KIP Kabupaten/Kota agar melakukan rekapitulasi jenis informasi yang diminta oleh pemohon informasi public dan informasi yang telah diberikan selama Tahun 2014 dan mengumumkannya melalui website resmi masing-masing KPU Provinsi/KIP Aceh dan KPU/KIP Kabupaten/Kota.

Dasar Hukum

1. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik;

2. Peraturan Komisi Informasi Nomor 1 Tahun 2010 tentang Standar Layanan Informasi Publik;

3. Peraturan Komisi Informasi Nomor 1 Tahun 2013 tentang Prosedur Penyelesaian Sengketa Informasi Publik;

4. Surat Edaran Nomor : 44/KPU/I/2015 tertanggal 26 Januari 2015 Perihal Pengumuman Pelayanan Informasi pada KPU/KIP.

Desk Layanan Informasi Publik

Untuk memenuhi dan melayani permintaan dan kebutuhan pemohon/pengguna informasi public, PPID KPU Kota Padang Panjang memberikan layanan langsung melalui desk layanan informasi public. Selain itu, PPID juga memberikan layanan tidak langsung melalui media antara lain menggunakan telepon : (0752) 84023 /fax: (0752) 83836/ Email : tekniskpu.padangpanjangkota@gmail.com

Prosedur Pelayanan Informasi Publik
1. Menerima Permintaan Informasi Publik (IP)
2. Malaporkan kepada penanggung jawab
3. Mengintruksikan untuk mempersiapkan segala sesuatu yang terkait dengan permintaan IP
4. Menginformasikan ke desk untuk memproses lebih lanjut
5. Menghubungi Pemohon IP
6. Melaporkan kepada pimpinan

Operasional Pelayanan Informasi Publik

Pelayanan Informasi secara Front office dan Back Office.

Front office dapat Pelayanan Informasi melalui Desk Layanan Langsung dan Desk Layanan Via Media.

Back Office dapat Pelayanan Informasi berupa  Update Web, Foto Copy, CD Burning, Scanner

Waktu Pelayanan Informasi Layanan permohonan informasi pada PPID KPU Kota Padang Panjang dilaksanakan pada hari kerja, mulai Senin sampai dengan Jumat, dengan ketentuan waktu sebagai berikut:

Senin- Jumat  : a. Jam Layanan : 09.00 WIB-15.30 WIB

                             b. Istirahat Makan : 12.00 WIB-13.00 WIB

Mekanisme Permohonan Informasi Publik

1. Pemohon informasi dating ke desk layanan informasi, mengisi formulir permintaan informasi dengan melampirkan foto copy KPT pemohon dan pengguna informasi;
2. Petugas memberikan Tanda Bukti Penerimaaan Permintaan Informasi Publik (IP) kepada Pemohon IP;
3. Petugas memproses permintaan pemohon IP sesuai dengan formulir permintaan IP yang telah ditandatangani oleh pemohon IP;
4. Petugas menyerahkan informasi sesuai dengan yang diminta oleh pemohon/pengguna informasi. Jika Informasi yang diminta masuk dalam kategori dikecualikan PPID menyampaikan alasan sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
5. Petugas memberikan Tanda Bukti Penyerahan Informasi Publik kepada Pengguna IP.

Jangka Waktu Penyelesaian

1. Proses penyelesaian untuk memenuhi permintaan pemohon informasi public dilakukan setelah pemohon informasi public memenuhi persyaratan yang telah ditentukan;
2. Waktu penyelesaian dilaksanakan paling lambat 10 (sepuluh) hari kerja sejak diterimanya permintaan, Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) akan menyampaikan pemberitahuan yang berisikan informasi yang diminta berada di bawah penguasaannya atau tidak. PPID dapat memperpanjang waktu palinng lambat 7 (tujuh) hari kerja;
3. Penyampaian/pendistribusian/penyerahan informasi public kepada pemohon informasi public dilakukan secara langsung, melalui email, fax, ataupun jasa pos.

Biaya/Tarif PPID

KPU Kota Padang Panjang menyediakan informasi public secara gratis (tidak dipungut biaya). Adapun untuk penggandaan atau perekaman, pemohon/pengguna informasi public dapat melakukan penggandaan/fotocopy sendiri di sekitar gedung KPU Kota Padang Panjang atau menyediakan CD/DVD kosong atau flasdisk untuk perekaman data dan informasinya.

Keberatan atas Pemberian Informasi Publik

Setiap Pemohon Informasi Publik dapat mengajukan keberatan secara tertulis kepada atasan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi berdasarkan alasan berikut:

1. Penolakan atas permintaan informasi berdasarkan alasan pengecualian sebagaimana dimaksud dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku;
2. Tidak disediakannya informasi berkala sebagaimana dimaksud dalam pasal 9;
3. Tidak ditanggapinya permintaan informasi;
4. Permintaan informasi ditanggapi tidak sebagaimana yang diminta;
5. Tidak dipenuhinya permintaan informasi;
6. Penyampaian informasi yang melebihi waktu yang diatur dalam Undang-undang ini.